Cara Merawat Ac Agar Tetap Awet Dan Selalu Dingin

Cara Merawat Ac Agar Tetap Awet Dan Selalu Dingin

clanmckeen.com – Kelembapan udara di Indonesia cukup membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman dan perlu penginstalan AC atau Air Conditioner di dalam rumah. Dengan adanya AC tentu akan membuat suhu udara di rumah menjadi lebih sejuk dan menyegarkan, dan tentu hasil yang diberikan berbeda dengan kipas angin yang juga sama-sama mendinginkan.

Bisa dikatakan AC merupakan pahlawan untuk masalah udara di ruangan, namun apabila AC terus dinyalakan maka kemungkinan rusak juga semakin besar. Tentunya AC membutuhkan perawatan khusus agar bisa tahan lebih lama, dan untuk anda yang masih baru ingin membeli kami sarankan untuk menyesuaikan ruangan dengan PK AC.

Apabila anda sudah memiliki AC dan ingin merawatnya, berikut ini cara yang bisa anda terapkan dalam merawat AC agar tetap maksimal saat digunakan.

Cara Merawat AC

  1. Biasakan untuk menyalakan AC saat ruangan sudah tertutup rapat

Tujuannya agar AC tidak bekerja terlalu keras karena ruangan yang tidak tertutup, dimana udara bisa masuk dengan bebas dan tentunya akan membebani kerja AC.

  1. Matikan AC ketika anda tinggal pergi

Untuk menghemat energi dan menjaga kualitas AC, anda perlu mematikan AC ketika anda hendak pergi keluar rumah dalam waktu yang lama.

  1. Jangan menyalakan AC dalam waktu yang terlampau lama

Setidaknya nyalakan AC dengan waktu paling lama 5 jam, setelah itu matikan AC dan biarkan mesin beristirahat. Tentunya akan sedikit merepotkan bila terus memperhatikan waktu penggunaan, untuk itu anda bisa meggunakan timer guna memudahkan pengaturan waktu mati.

Baca juga : Tips Bersihkan Lemari Es Dari Bau Tak Sedap

  1. Hindari terlalu sering mengubah suhu AC dibawah 22 derajat celcius

Ketika anda mengatur suhu AC menjadi sangat kecil, maka tenaga yang diperlukan AC untuk bekerja semakin besar. Tentu anda tahu apa yang akan terjadi bila anda terus melakukan hal ini secara berulang-ulang, maka umur AC akan menjadi tidak panjang dan rentan akan kerusakan.

  1. Bersihkan secara rutin interior AC

Bukan rumah saja yang perlu dibersihkan dari kotoran, namun AC pun perlu dibersihkan bagian dalamnya dari kotoran. Anda bisa membersihkan AC dalam rentan waktu 1 bulan sekali apabila kondisi udara bagus, namun anda perlu mempersering proses pembersihan apabila kondisi udara disekitar anda kurang bagus.

  1. Panggil tukang service AC untuk melakukan service rutin

Untuk memastikan kinerja AC dalam kondisi baik, maka anda bisa memanggil tukang searvice AC untuk melakukan perawatan. Tak harus menunggu rusak baru memanggil tukang service, dan hal ini akan lebih baik untuk memastikan bahwa AC dalam kondisi yang maksimal.

Selain mengetahui cara untuk merawat AC, ada baiknya bila anda juga sadar dalam menjaga keawetan AC perlu diimbangi dengan penggunaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.